Pakem 5 (sambungan)

  1. Hal-hal Harus Diperhatikan Dalam Melaksanakan PAKEM

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada waktu guru akan melaksanakan PAKEM, yaitu sebagai berikut.

  1. Memahami sifat yang dimiliki siswa, misalnya :
    1. rasa ingin tahu yang besar
    2. keinginan untuk belajar
    3. daya imaginasi yang tinggi
    1. Mengenal anak secara perorangan (karakter siswa).

      Guru sebaiknya mengenal perbedaan kemampuan, harapan, pengalaman, sikap terhadap sekolah dan latar belakang ekonomi dan sosial dari setiap siswa.

      Berbekal pengetahuan tersebut, guru dapat membantu siswa apabila mendapat kesulitan sehingga anak belajar secara optimal

    2. Memanfaatkan perilaku siswa dalam pengorganisasian belajar.

    Secara alami sebagai makhluk sosial siswa bermain secara berkelompok sehingga mereka dapat mengerjakan tugas belajar berpasangan/berkelompok. Meski demikian, siswa perlu diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas secara individu agar bakat individunya berkembang.

    1. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah.
      1. Guru memberikan tugas-tugas praktik
      2. Mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan kata-kata “mengapa“, “bagaimana“, “apa yang terjadi jika… (tipe open question)
  2. Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.

    Hasil pekerjaan siswa di pajang di kelas. Pajangan dapat berupa: gambar, peta, diagram, model, puisi, karangan dan lain sebagainya.

  3. Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan objek belajar. Lingkungan fisik, sosial dan budaya dapat berperan sebagai sumber belajar sekaligus objek belajar. Siswa dapat diberi kegiatan untuk melakukan pengamatan (dengan seluruh indera-nya), mencatat, merumuskan pertanyaan, berhipotesis, mengklasifikasi, membuat tulisan, dan membuat diagram.
    1. Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar
      1. Umpan balik yang diberikan hendaknya mengungkapkan kekuatan daripada kelemahan siswa.
      2. Umpan balik diungkapkan secara santun dengan maksud agar siswa lebih percaya diri.
      3. Guru harus konsisten memeriksa hasil pekerjaan siswa dan memberikan komentar serta catatan yang bermakna untuk pengembangan siswa daripada sekedar pemberian angka/nilai.
    2. Membedakan antara aktif fisik dan aktif mental

    Siswa yang aktif secara fisik memiliki indikator : terlihat sibuk bekerja dan bergerak. Siswa yang aktif secara mental memiliki indikator : sering bertanya, mempertanyakan gagasan orang lain, mengungkapkan gagasan.

    Syarat berkembangnya aktif secara mental adalah tumbuhnya perasaan tidak takut ditertawakan, tidak takut disepelekan atau tidak takut dimarahi jika salah. Guru hendaknya menghilangkan rasa takut itu.

    1. Contoh Kegiatan PBM dan Kemampuan Guru yang Bersesuaian dengan Kriteria PAKEM
Komponen Pembelajaran

PAKEM

Guru merancang dan mengelola PBM yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran Guru melaksanakan PBM dengan merancang kegiatan untuk siswa yang beragam, misalnya :

  • Melakukan percobaan
  • Diskusi kelompok
  • Memecahkan masalah
  • Mencari informasi di perpustakaan
  • Menulis laporan/cerita/puisi
  • Mengamati objek di luar kelas
  • Berkunjung ke luar kelas (musium,
Guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam Sesuai dengan mata pelajaran, Guru menggunakan berbagai media/sumber belajar, misalnya :

  • Alat pabrikan atau alat yang dibuat sendiri
  • Gambar/film/foto
  • Kasus/ceritera
  • Nara sumber
  • Lingkungan sekitar
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan Siswa Melakukan percobaan:

  • menggunakan alat,
  • mengamati,
  • mengelompokkan,
  • mengumpulkan data/jawaban dan mengolahnya sendiri
  • Menarik kesimpulan
  • Memecahkan masalah, mencari rumus sendiri
  • Menulis laporan/hasil karya lain dengan kata-kata sendiri
  • Melakukan wawancara
  • Membuat produk
Guru memberi ke-sempatan kepada siswa untuk meng-ungkapkan gagasan nya sendiri secara lisan atau tulisan

Siswa melakukan:

  • Diskusi
  • Mengajukan pertanyaan terbuka
  • Mengajukan saran/ide
  • Membuat karangan bebas/karya lain
Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa
  • Siswa dikelompokkan sesuai dengan kemampuan (untuk kegiatan tertentu)
  • Bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut
  • Tugas perbaikan atau pengayaan diberikan
Guru mengaitkan PBM dengan pengalaman siswa sehari-hari
  • Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalamannya sendiri
  • Siswa menerapkan hal yang dipelajari dalam kegitan sehari-hari
Guru menilai PBM dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus
  • Guru memantau proses belajar/kerja siswa
  • Guru memberikan umpan balik

Bersambung……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: