PAKEM 4 (sambungan)

  1. Pembelajaran kreatif, yaitu pembelajaran yang menstimulasi siswa untuk mengembangkan gagasannya dengan memanfaat sumber belajar yang ada.

    Strategi mengajar untukmengembangkan kreativitas siswa :

  • Memberi kebebasan pada siswa untuk mengembangkan gagasan dan pengetahuan baru
  • Bersikap respek dan menghargai ide-ide siswa
  • Penghargaan pada inisiatif dan kesadaran diri siswa
  • Penekanan pada proses bukan penilaian hasil akhir karya siswa
  • Memberikan waktu yang cukup untuk siswa berpikir dan menghasilkan karya
  • Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk menggugah kreativitas seperti : “mengapa“, “bagaimana“, “apa yang terjadi jika…” dan bukan pertanyaan “apa”, “kapan”

Guru yang kreatif

Siswa yang kreatif

  • Mampu menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga mampu memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa
  • Kegiatan belajar yang dibuat memperhatikan/ menyesuaikan dengan level perkembangan kognisi, mental dan emosi dari siswa
  • Mampu memotivasi diri
  • Berpikir kritis
  • Daya imaginasi tinggi (imaginative)
  • Berpikir orisinil/bukan kutipan dari Guru (original )
  • Memiliki tujuan untuk ingin berprestasi
  • Menyampaikan pemikiran dengan bahasa sendiri.

  1. Efektif

Secara harfiah efektif
memiliki makna manjur, mujarab, berdampak, membawa pengaruh, memiliki akibat dan membawa hasil. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung (seperti dicantumkan dalam tujuan pembelajaran).

  1. Pembelajaran yang menyenangkan

Menurut hasil penelitian, konsentrasi yang tinggi terbukti meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian mengenai otak dan pembelajaran mengungkapkan fakta yang mengejutkan, yaitu apabila sesuatu dipelajari secara sungguh-sungguh (dimana perhatian yang tinggi dari seorang tercurah) maka struktur internal sistem syaraf kimiawi seseorang berubah. Di dalam diri seseorang tercipta hal-hal baru seperti jaringan syaraf baru, jalur elektris baru, asosiasi baru, dan koneksi baru.

Dave Meier (2002:36) memberikan pengertian menyenangkan atau fun sebagai suasana belajar dalam keadaan gembira. Suasana gembira disini bukan berarti suasana ribut, hura-hura, kesenangan yang sembrono dan kemeriahan yang dangkal. Ciri-ciri suasana belajar yang menyenangkan di antaranya adalah sebagai berikut.

Ciri suasana belajar yang menyenangkan

Ciri suasana belajar yang tidak menyenangkan

  • Rileks
  • Bebas dari tekanan
  • Aman
  • Menarik
  • bangkitnya minat belajar
  • adanya keterlibatan penuh
  • perhatian tercurah
  • lingkungan belajar yang menarik
  • pemahaman atau penguasaan atas materi
  • bersemangat
  • perasaan gembira
  • Konsentrasi tinggi
  • Tertekan
  • perasaan terancam
  • perasaan menakutkan
  • merasa tidak berdaya
  • tidak bersemangat
  • malas/tidak berminat
  • jenuh/bosan
  • monoton
  • acuh/tidak menarik

Berdasarkan uraian materi yang telah dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa PAKEM adalah proses pembelajaran dimana Guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, mengemukakan gagasan, kreatif, kritis serta mencurahkan perhatian /konsentrasinya secara penuh dalam belajar serta suasana pembelajaran yang menimbulkan kenyamanan bagi siswa untuk belajar. Di dalam PAKEM, Guru memanfaatkan berbagai sumber belajar untuk pencapaian hasil belajar yang telah ditentukan.

Secara garis besar, PAKEM dapat digambarkan sebagai berikut.

Guru

Siswa

Lingkungan (kelas indoor/outdoor, laboratorium)

  • Guru sebagai fasilitator
  • Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat belajar.
  • Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif termasuk cara belajar kelompok
  • Guru menerapkan berbagai strategi/model pembelajaran
  • Guru memotivasi siswa melalui kegiatan yang menantang kemampuan siswa untuk berpikir kreatif, kritis dan mampu memecahkan masalah
  • Guru menggunakan berbagai macam strategi mengajar termasuk pembelajar-an yang lebih interaktif dalam kelompok serta lebih banyak praktek
  • Siswa lebih mendominasi dan mewarnai pembelajaran
  • Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat (learning by doing).
  • Siswa giat dan dinamis mengikuti pembelajaran
  • secara fisik dan mental aktif ditandai dengan tercurahnya konsentrasi yang tinggi
  • siswa berani mengemukakan gagasan
  • Siswa tidak malu terlibat aktif dalam kegiatan
  • Guru mengatur lingkungan kelas dengan cara memajang buku-buku dan bahan belajar yang menarik, menyediakan pojok untuk membaca (pojok baca).
  • Hasil karya siswa dipajang di kelas
  • Kelas dibuat semenarik mungkin
  • Lngkungan diguna-kan sebagai sumber belajar.
  • Tata letak /formasi kelas diubah dan disesuaikan dengan kegiatan.

Kriteria Pakem

Secara garis besar kriteria PAKEM dapat digambarkan sebagai berikut :

Kriteria Aktif

Kriteria Kreatif

Siswa melakukan sesuatu dan memikirkan apa yang mereka lakukan seperti :

  • Menulis
  • Berdiskusi
  • Berdebat
  • Memecahkan masalah
  • Mengajukan pertanyaan
  • Menjawab pertanyaan
  • Menjelaskan
  • Menganalisis
  • Mensintesa
  • Mengevaluasi
  • Berpikir kritis
  • Memecahkan masalah secara konstruktif
  • Ide/gagasan yang berbeda
  • Berpikir konvergen (pemencahan masalah yang “benar” atau “terbaik”
  • Berpikir divergen (beragam alternatif pemecahan masalah)
  • Fleksibilitas dalam berpikir (melihat dari berbagai sudut pandang)
  • Berpikir terbuka

Kriteria Efektif

Kriteria Menyenangkan

Ketercapaian target hasil belajar, dapat berupa:

  • Siswa menguasai konsep
  • Siswa mampu mengaplikasikan konsep pada masalah sederhana
  • Siswa menghasilkan produk tertentu
  • Siswa termotivasi untuk giat belajar
Pembelajaran berlangsung secara:

  • Interaktif
  • Dinamik
  • Menarik
  • Mengembirakan
  • Atraktif
  • Menimbulkan inspirasi

Bersambung………………………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: