PAKEM 1

PAKEM 1

 

 

BAB
I

PENDAHULUAN

 

Undang-undang RI No. 20 PASAL 40, AYAT (2) tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional berbunyi :

Guru dan tenaga kependidikan berkewajiban :

  1. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
  2. Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan
  3. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Sementara itu dalam PP No. 19 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 19, ayat (1) dinyatakan bahwa:

    Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang gerak yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi siswa.

Amanat perundang-undangan mengenai penyelenggaraan pendidikan tersebut sering kita dengar dengan istilah PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

Untuk dapat melaksanakan amanat perundang-undangan tersebut, Guru hendaknya mengubah paradigma mengenai mengajar siswa menjadi membelajarkan siswa. Di samping itu, Guru harus memahami hakikat PAKEM dan menguasai berbagai strategi/model pembelajaran yang berorientasi pada PAKEM.

Tujuan

Setelah mempelajari uraian materi dalam makalah ini diharapkan Anda dapat:

  1. Mendeskripsikan hakikat PAKEM
  2. Mendeskripsikan strategi/model-model pembelajaran yang berorientasi pada PAKEM.
  3. Menerapkan strategi/model pembelajaran berorienasi PAKEM dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran IPA di SD.

    Ruang Lingkup

Materi yang akan dipaparkan dalam makalah ini meliputi: tiga bab, bab I Pendahuluan berisikan paparan mengenai pengantar, tujuan, dan ruang lingkup materi; bab II Hakikat PAKEM, dalam uraian hakikat PAKEM dikemukakan alasan-alasan perlunya PAKEM, pilar-pilar PAKEM, kriteria PAKEM; bab III, berisikan paparan mengenai model-model pembelajaran berorientasi pada PAKEM, di dalammya dikemukakan pengertian model pembelajaran dan beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan dalam PAKEM disertai contoh-contoh rencana pembelajaran IPA di SD.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: