AGEN PEMBAHARU 5 (selesai)

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Agen Pembaharu adalah seseorang yang bertugas mempengaruhi orang lain agar mau menerima inovasi sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh pengusaha pembaharuan (change agency).
  2. Fungsi utama agen pembaharu sebagai penghubung antara pengusaha pembaharuan dengan klien dengan tujuan agar inovasi dapat diterima oleh klien sesuai dengan tujuan yang diinginkan pengusaha pembaharuan. Sedangkan tugas utama agen pembaharu adalah melancarkan jalannya arus inovasi dari pengusaha pembaharuan ke klien dengan jalan mengadakan komunikasi yang efektif dengan klien.
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan agen pembaharu adalah kegigihan usaha agen pembaharu, lebih berorientasi pada klien daripada kepada pengusaha pembaharu, menyesuaikan dengan kebutuhan klien, agen pembaharu dengan klien homophily, harus diadakan kontak dengan klien yang berstatus lebih rendah dari agen pembaharu, emphatic terhadap klien, menggunakan pembantu agen pembaharu, kepercayaan klien tarhadap agen pembaharu, hindari adanya profesional semu, mendayagunakan pemuka pendapat, dan menumbuhkan kemampuan klien untuk menilai inovasi.
  4. Ciri pokok sistem difusi sentralisasi adalah ide inovasi muncul dari para ahli yang kemudian disebarkan dengan bentuk paket yang seragam, klien tinggal menerima atau menolak inovasi (klien pasif). Sedangkan ciri pokok sistem desentralisasi adalah ide inovasi dari siapa saja dan juga proses penyebarannya diatur oleh calon penerima sendiri. Sasaran inovasi juga berperan sebagai agen pembaharu.

     

  5. Saran

Diharapkan para pembaca makalah ini dan pemerhati inovasi pendidikan dapat mengembangkan pada bidang sains sehingga lebih menambah wawasan dan memperkaya khasanah pengetahuan.

Diangkat dari Makalah Kelompok Inovasi Pendidikan milik Asjon dkk.

DAFTAR PUSTAKA

 

Ibrahim, 1988. Inovasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan LPTK.

http://blog.unila.ac.id/zikwan/2009/09/04/guru-dan-tuntutan-melakukan-inovasi diakses tanggal 22 Pebruari 2010.

http://fatkhurrohman66.blogspot.com/2009/05/tugas-inovasi-pendidikan.html diakses tanggal 22 Pebruari 2010.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: