FORMAT PENILAIANHASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

FORMAT PENILAIAN

HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Nama penelitian             :

Bidang Studi                      :

Judul Penelitian               :

KRITERIA PENILAIAN

No

Kriteria

Aspek yang Dinilai

Bobot

Score

Nilai

A

ABSTRAK

 
 

Terlihat jelas 3 unsur pokok:

  • latar belakang,tujuan,
  • prosedur dan
  • hasil

5

  

  

B

PENDAHULUAN

 
 

Terlihat unsur-unsur berikut

  • Latar belakang (deskripsi masalah,  data awal yang menunjukkan akar terjadinya masalah, deskripsi lokasi dan waktu,  pentingnya masalah dipecahkan)
  • Rumusan masalah
  • Tujuan
  • Manfaat

15

  

  

C

KAJIAN TEORI/ PUSTAKA

 
 

  • Ada teori-teori terkait yang memberi arah/petunjuk kepada pelaksanaan PTK
  • Ada usaha-usaha penulis membangun argumen teoretik bahwa tindakan  tertentu dimungkinkan bisa meningkatkan mutu KBM
  • Pertanyaan penelitian/hipotesis tindakan (kalau perlu)

20

  

  

D

PELAKSANAAN PENELITIAN

 
 

  • Deskripsi tahapan siklus penelitian.
  • Penggunaan instrumen, usaha validasi hipotesis tindakan, dan cara refleksi

15

  

  

  

  

  • Tindakan yang dilakukan bersifat:
    • Rasional, artinya berbasis pada akar penyebab masalah
    • Feasible (dapat dilaksanakan-tidak ambisius), artinya tindakan tersebut terdukung oleh faktor-faktor waktu, biaya dan sarana/pra-sarana
    • Jumlah siklus  lebih dari satu
  • Collaborative, artinya dosen memaksimalkan kerja sama dengan guru sebagai mitra setara.

  

  

  

  

E

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 
 

Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap:

Siklus I

  • Perencanaan: diuraikan TINDAKAN yang khas yang dilakukan terlihat bedanya dengan pembelajaran biasa.
  • Pelaksanan: diuraikan  pelaksanaan tindakan
  • Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil authentik  disajikan
  • Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan dan rencana berikutnya . MENGAPA BERHASIL (TIDAK), APA YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK SIKLUS BERIKUTNYA.

25

  

  

  

  

Siklus II (idem)

Siklus III (idem)

Perlu ditambahkan hal-hal yang mendasar berikut ini:

  • Disajikan hasil perubahan (kemajuan) pada diri peserta didik, lingkungan dan peneliti
  • Tabel, grafik/statistik deskriptif dioptimalkan
  • Terdapat analisis data   menyajikan perubahan pada peserta didik, lingkungan kelas/sekolah dan peneliti.
  • Triangulasi dioptimalkan untuk memvalidasi potret proses dan hasil perubahan (kemajuan)
  • Pembahasan
  • Ada ulasan tentang perubahan yang dihasilkan dari tiap siklus dan keseluruhan siklus

  

  

  

F

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 
 

  • Hasil riset (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan
  • Ada saran untuk riset, tujuan riset, dan hasil riset (potret kemajuan)
  • Ada saran untuk penerapan hasil (suggestion)

10

  

  

  

H

DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN

  

  • Penulisan sesuai aturan APA, MLA, Turabian secara konsisten.
  • Kelengkapan lampiran

10

  

  

  

Jumlah Total

100

  

  

             

 
 

Setiap kriteria diberi scor :  1.     2.    4.    5.

Kurang sekali           : skor 1

Kurang                    : skor 2

Baik                         : skor 4

Baik sekali               : skor 5

Nilai : Bobot x skor

 
 

Jakarta, ……………..

Penilai

 
 

( ………………………..)

Sumber :http://aguswuryanto.wordpress.com/2011/02/25/format-penilaian-hasil-penelitian-tindakan-kelas/

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: