Proposal MGMP

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

    Departemen pendidikan nasional secara terstruktur dan berkelanjutan telah mengembangkan peningkatan mutu pendidikan melalui berbagai pendekatan seperti peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan dan peningkatan kualitas tenaga kependidikan, pengembangan manajemen kependidikan, peningkatan kualitas belajar mengajar dan pengembangan kurikulum. Program tersebut bermuara pada peningkatan mutu lulusan baik secara akademis maupun berkompeten secara sosial dan teknik sehingga mampu bersaing secara global.

    Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah komponen guru dengan segala kinerjanya. Guru memegang peranan penting dalam suatu proses pembelajaran termasuk dalam perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum. Proses pembelajaran sebagai suatu aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa berkaitan langsung dengan aktivitas guru. Sebagai suatu sistem kegiatan, proses pembelajaran melibatkan guru mulai dari pemilihan dan pengurutan materi pembelajaran, penerapan dan penggunaan metode pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, pembimbingan belajar, sampai pada kegiatan pengevaluasian hasil belajar. Berkaitan dengan peran tersebut, suatu proses pembelajaran akan berlangsung secara baik jika dilaksanakan oleh guru yang memiliki kualitas kompetensi akademik dan profesional yang memadai. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan diupayakan melalui peningkatan mutu guru. Selengkap apa pun prasarana dan sarana pendidikan, tanpa didukung oleh mutu guru yang memadai, prasarana dan sarana tersebut tidak memiliki arti yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di suatu sekolah.

    Sesuai dengan Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional. Untuk itu profesionalisme guru dituntut agar terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman, iptek serta kebutuhan masyarakat, sebagaimana dijelaskan dalam Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan guru untuk: (i) memiliki kualifikasi akademik minimum S1/D4, (ii) memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, dan (iii) memiliki sertifikat pendidik. Agar guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada UU tersebut di atas, maka guru harus meningkatkan kompetensinya melalui berbagai upaya, antara lain melalui pelatihan, penulisan karya tulis ilmiah, dan berbagai pertemuan di kelompok kerja atau forum.

Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Merupakan salah satu wadah untuk dapat menyatukan presepsi dan pemahaman atau saling tukar menukar informasi dan pengalaman yang bermanfaat serta mencari solusi mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Namun kenyataannya, MGMP yang sudah ada pada setiap wilayah kabupaten/ kota/ kecamatan sebagian besar belum optimal digunakan sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan tugas pokok guru, masih ditemukan penyelenggaraan kegiatan tersebut dilaksanakan apa bila ada block grant dari pemerintah, bahkan tidak ada kegiatan yang terorganisir dalam rencana kerja/program kerja MGMP. Oleh karena itu keberadaan MGMP tersebut perlu diberdayakan fungsi dan perannya sehingga dapat digunakan sebagai wadah untuk menyelesaiakan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas pokoknya secara profesional.

Berdasarkan kenyataan tersebut, disadari bahwa banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru sebagai ujung tombak pelaksana kegiatan pembelajaran di sekolah. Sesuai dengan kondisi pendidikan di Kabupaten Parigi Moutong saat ini, ada beberapa persoalan kualitas guru antara lain : masih ada sejumlah guru IPA dari beberapa sekolah khususnya di rayon Ampibabo dan sekitarnya yang belum memenuhi kualifikasi S1/D4, masih ditemukan guru yang rendah pemahamannya terhadap karakteristik Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), rendahnya kemampuan dan pemahaman guru dalam membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan kelas serta rendahnya motivasi guru untuk mengembangkan metode-metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Menyoroti tentang sumber daya yang belum professional tersebut, dalam pelaksanaan pendidikan khususnya di sekolah, guru adalah pelaku pendidikan praktis di kelas. Sangatlah besar pengaruh guru terhadap keberhasilan konsep-konsep pembaharuan dalam bidang pembelajaran. Berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya kualitas kinerja guru dengan berbabagai sumber dana antara lain subsidi KKG/MGMP serta pemanfaatan dana BOS telah menunjukan perubahan sikap dan perilaku guru di Kabupaten Parigi Moutong dalam pelaksanaan pembelajaran. Namun kenyataannya, MGMP yang sudah ada di Kabupaten Parigi Moutong belum optimal digunakan sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan tugas pokok guru, Hal ini disebabkan penyelenggaraan kegiatan tersebut dilaksanakan apa bila ada block grant dari pemerintah, bahkan tidak ada kegiatan yang terorganisir dalam rencana kerja/program kerja MGMP.

Oleh karena itu diperlukan upaya revitalisasi kelompok kerja MGMP IPA SMP/MTs di Kabupaten Parigi Moutong agar aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kerja tersebut dapat memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Dari hal tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menumbuhkembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada sistem instruksional yang prima, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan nasional.

Berkenaan dengan hal tersebut Kelompok Musyawarah guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong melalui program Better Education Trough Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) dari Ditjen PMPTK dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah merencanakan kegiatan peningkatan Kompetensi, Kualifikasi dan Kinerja Guru IPA SMP/MTs di wilayah Rayon Ampibabo dengan harapan dapat menjembatani upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan secara nasional khususnya mutu pendidikan di Kabupaten Parigi Moutong dan Sulawesi Tengah.

  1. Tujuan

    Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru IPA SMP/MTs di wilayah Rayon Ampibabo melalui Program Better Education Trough Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) Tahun 2010 bertujuan untuk :

    1. Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar, dsb.
    2. Memberi kesempatan kepada guru-guru anggota MGMP IPA Rayon Ampibabo yang belum S1 untuk meningkatkan kualifikasinya membantu mempercepat perolehan jenjang S1/DIV tanpa harus meninggalkan tugas.
    3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional.
    4. Memberdayakan dan membantu anggota kelompok kerja MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo dalam memelihara kompetensi melalui program CPD yang dikaitkan dengan jenjang jabatan fungsional bagi guru.
    5. Meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja, serta mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo.

  2. Sasaran

    Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Program “BERMUTU” pada MGMP Rayon Ampibabo Tahun 2010 adalah guru-guru IPA yang berasal dari 13 Sekolah yang berjumlah 20 orang dengan rincian sebagai berikut :

No

Sekolah

Jml

Mata Pelajaran

Fisika

Biologi

1 SMPN 1 Ampibabo

2

1

1

2 SMPN 2 Ampibabo

2

1

1

3 SMPN 3 Ampibabo

2

1

1

4 SMPN 1 Toribulu

2

1

1

5 SMPN 1 Kasimbar

2

1

1

6 SMPN 2 Kasimbar

2

1

1

7 SMPN 3 Kasimbar

2

1

8 SMP PGRI Sienjo

1

1

1

9 SMP SATAP 1 Kasimbar

1

1

10 SMP SATAP 2 Kasimbar

1

1

11 MTs Alkhairaat Pinotu

1

1

12 MTs Alkhairaat Donggulu

1

1

13 MTs Alkhairat Kasimbar

1

1

J u m l a h

20

10

10

* Guru yang belum S1

  1. Hasil Yang Diharapkan

    Hasil yang diharapkan dari Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Program “BERMUTU” pada MGMP Rayon Ampibabo Tahun 2010
    adalah :

  • Terwujudnya peningkatan wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, serta metode pembelajaran.
    • Terwujudnya peningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta kelompok kerja atau musyawarah kerja.
    • Terwujudnya peningkatan kualifikasi guru guru IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo yang belum S1.
    • Terwujudnya Pemberdayaan anggota kelompok kerja MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo dalam memelihara kompetensi melalui program CPD yang dikaitkan dengan jenjang jabatan fungsional bagi guru.
    • Terwujudnya peningkatan pengetahuan, kompetensi dan kinerja, serta pengembangan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo.
  1. Manfaat

    Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Program “BERMUTU” pada MGMP Rayon Ampibabo Tahun 2010 diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak sebagai berikut :

    1. Bagi Siswa

      Memperoleh mutu pelayanan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna yang tercermin pada peningkatan prestasi hasil belajar siswa..

    2. Bagi Guru
      1. Peningkatkan kompetensi dan profesionalismenya sesuai dengan standar nasional pendidikan melalui berbagai kegiatan forum MGMP.
      2. Dapat membantu guru yang belum S1 untuk meningkatkan kualifikasinya dengan tidak meninggalkan tugas.
    3. Bagi Sekolah

      Memiliki guru-guru yang kompeten, produktif, kreatif, inovatif dan profesional serta mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

    4. Bagi Pemerintah Kabupaten/Kota

      Memiliki guru-guru kompeten, produktif, kreatif, inovatif dan professional serta mampu meningkatkan mutu pembelajaran yang diberdayakan melalui wadah MGMP.

BAB II

DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM DALAM

1 TAHUN TERAKHIR

  1. Strategi dan Metode Pelaksanaan Program

    Program dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kabupaten Parigi Moutong adalah Program Peningkatan Kompetensi Guru melalui berbagai kegiatan dan aktifitas kelompok MGMP dalam bentuk lokakarya bersama kelompok MGMP beberapa mata pelajaran yang dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun pada bulan Juli dan Januari diawal semester, selain itu juga dilaksanakan pertemuan periodik setiap dua minggu ditingkat kelompok MGMP guna membahas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masing-masing kemudian dimusyawarahkan bersama untuk mencari alternatif pemecahannya.

    Kegiatan MGMP tersebut menggunakan metode diskusi kelompok, Brain Storming, dan tugas kelompok serta melibatkan instruktur atau guru inti baik dari tingkat propinsi maupun dari tingkat kabupaten, guru inti pada masing-masing mata pelajaran diberdayakan dalam mengkoordinir dan mengelola kegiatan di tingkat kelompok.

  2. Alasan Pelaksanaan Program

    Ditengah era globalisai, secara sadar harus diakui bahwa kompetensi guru yang unggul merupakan salah satu senjata andalan untuk mencapai kualitas pendidikan yang bermutu. Dalam konteks ini, proses training atau pelatihan merupakan salah satu elemen yang paling banyak dilakukan untuk memacu peningkatan kompetensi para guru menuju pada level yang diharapkan. Namun dengan kondisi dan jumag guru yang ada serta ketersediaan fasilitas dan sumber daya tidak semua guru dapat mengikuti kegiatan pelatihan dimaksud. Apalagi kondisi dan fasilitas di daerah daerah atau kabupaten yang serba terbatas sehingga kegiatan pelatian untuk guru sangat kurang dilaksanakan.

    Kondisi seperti itu juga dialami oleh guru guru di Kabupaten Parigi Moutong sehingga menimbulkan berbagai permasalahan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di daerah. Permasalahan yang mendasar dihadap dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Parigi Moutong antara lain rendahnya kompetensi guru menyebabkan pembelajaran yang kurang inovatif dan kreatif serta terkesan kurang kondusif, kualifikasi guru belum semua S1/DIV, guru kurang aktif meningkatkan kompetensinya, kurangnya peningkatan pengembangan profesi guru dan yang tidak kalah pentingnya adalah kurang aktifnya MGMP sebagai wadah pengembangan profesi guru.

    Oleh karena itu kelompok MGMP IPA Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan program peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan workshop dan pertemuan periodik guna membahas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan peningkatan profesionalisme guru.

  1. Kualitas Program Yang Dicapai 1 Tahun Terakhir

    Blok Grant KKG dan MGMP yang dikucurkan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik danTenaga kependidikan (PMPTK) Depdiknas melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah 1 tahun terakhir telah memberikan dampak positif bagi peningkatan kinerja guru ditingkat kelompok mata pelajaran karena melalui kegiatan MGMP SMP/MTs yang telah dilaksanakan 1 tahun terakhir telah memberikan peluang kepada guru untuk meningkatkan kompetensinya khususnya kemampuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah masing-masing.

    Melalui kegiatan MGMP beberapa guru yang berasal dari sekolah yang berbeda bertemu dan bermusyawarah guru berbagi pengalaman dan membahas berbagai permasalahan yang dihadapi di sekolah masing-masing.

    Berdasarkan struktur program dan materi kegiatan yang dilaksanakan 1 tahun terakhir guru guru peserta MGMP telah menunjukan peningkatan kinerja pada proses pembelajaran. Guru yang sebelumnya menggunakan metode belajar yang konfensional telah menggunakan metode yang bervariasi dengan berbagai metode pembelajaran yang kreatif sehingga pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih efisien dan bermakna sehingga dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.

    Hasil hasil lain yang menunjukan peningkatan kinerja guru setelah adanya program dan kegiatan MGMP SMP/MTs antara lain :

  • Meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum
  • Meningkatnya kemampuan guru dan menyusun program pembelajaran di kelas
  • Meningkatnya kemampuan guru dalam merancang perangkat penilaian dan mengevaluasi hasil belajar siswa.
  • Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru terhadap konsep dan paradigma kurikulum yang berlaku.

Disamping itu yang terpenting dari program dan kegiatan MGMP SMP/MTs adalah terjalinya komunikasi yang positif antar guru pada rumpun mata pelajaran yang sama, sehingga setiap permasalahan yang dijumpai pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat langsung dikomunikasikan dengan sesama teman kelompok MGMP guna menjadi masukan yang akan di bahas dan dimusyawarahkan di tingkat MGMP.

  1. Keterlibatan Peserta

    Peserta MGMP IPA SMP/MTs Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2009 adalah guru-guru IPA SMP/MTs Negeri maupun Swasta yang mengajar Biologi dan Fisika yang melaksanakan pertemuan periodik guna membahas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah masing-masing kemudian dimusyawarahkan bersama untuk mencari alternatif pemecahannya.

    Keterlibatan peserta dalam kegiatan ini dapat terlihat dari kegiatan Pengembangan Silabus, penyusunan RPP, Pengembangan Sistem penilaian serta pengambangan Perangkat Pembelajaran berbasis kompetensi.

    Kegiatan MGMP IPA SMP/MTs Kabupaten Parigi Moutong juga melibatkan instruktur atau guru inti baik dari tingkat propinsi maupun dari tingkat kabupaten, guru inti pada masing-masing mata pelajaran diberdayakan dalam mengkoordinir dan mengelola kegiatan di tingkat kelompok.

  2. Frekuensi Kegiatan

    Program dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Kabupaten Parigi Moutong adalah Program Peningkatan Kompetensi Guru melalui berbagai kegiatan dan aktifitas pada masing-masing kelompok MGMP. Pada Kelompok Guru IPA SMP/MTs Kabupaten Parigi Moutong 1 Tahun terakhir, dilaksanakan dalam bentuk pertemuan periodik satu kali setiap minggu selama 4 bulan (16 kali pertemuan) atau setara dengan 64 Jam @ 45 menit pada bulan Januari s.d. April 2009 di SMP Negeri 1 Parigi.

    Selain kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pula kegiatan Lokakarya bersama antar beberapa kelompok mata pelajaran yang dilaksanakan ditingkat kabupaten dan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong.

  3. Sistem Dokumentasi dan Pelaporan

    Seluruh hasil kegiatan MGMP yang telah dilaksanakan didokumentasikan dalam bentuk laporan kegiatan yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun pada tengah tahun dan akhir tahun pelajaran. Sebagai bentuk pertanggungjawaban laporan kegiatan dilaksanakan setiap semester dan diserahkan ke dinas Pendidikan kemudian dinas pendidikan menyerahkan laporan kelompok kelompok MGMP secara kolektif kepada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tengah.

BAB III

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

  1. Strategi dan Metode Pelaksanaan

Secara teknis kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Program “BERMUTU” diorganisasikan dan dilaksanakan oleh Wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP/MTs Kabupaten Parigi Moutong dan didukung oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Parigi Moutong,

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan melalui beberapa strategi antara lain kegiatan pelatihan (In Service), pertemuan periodik sebanyak 16 Kali pertemuan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Study Visit ke sekolah tetangga, serta kunjungan kelas (On Service).

Sedangkan metode yang digunakan pada program peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui program “BERMUTU” tahun 2009 adalah ceramah, diskusi, curah pendapat (brain storming), tugas kelompok, tugas mandiri serta praktik pembelajaran di kelas,

  1. Materi Kegiatan

    Struktur Program/Materi Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Melalui Program “BERMUTU” pada MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo Tahun 2010 adalah sebagai berikut :

No

Materi

Waktu (jam)

Keterangan

1

Pelatihan (In Service)

  1. Pengembangan Kurikulum, Silabus, RPP dan Evaluasi
  2. Pendalaman Materi dan Kajian Kritis Mata Pelajaran.
  3. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran
  4. Pengembangan Model Pembelajaran
10 Jam

6 jam

4 jam

6 Jam

Kegiatan In Service di Laksanakan selama 3 Hari

Pada Tanggal s.d. …………………… 2010

2

Pertemuan Rutin 16 kali

  1. Pengenalan Model Belajar Program BERMUTU
  2. Materi Generik
  • Identifikasi Masalah
    • Perencanaan Tindakan
    • Pelaksanaan Tindakan
    • Analisis dan Interpretasi
    • Refleksi dan tindak lanjut
  1. Materi ICT dan Online UT
  2. Materi Bidang Ilmu
  • Identifikasi Masalah
    • Perencanaan Tindakan
    • Pelaksanaan Tindakan
    • Analisis dan Interpretasi
    • Refleksi dari Perencanaan siklus 2
  1. Penyusunan Laporan
4 Jam

4 jam

4 jam

4 jam

4 jam

4 jam

8 Jam

4 Jam

4 jam

4 jam

4 jam

4 jam

8 Jam

Kegiatan Pertemuan Rutin 16 Kali/Tahun dan tiap pertemuan dilaksanakan selama 4 Jam (240 Menit)

Dilaksanakan setiap hari sabtu pada bulan September sampai dengan Desember 2010

  1. Narasumber, Instruktur/Fasilitator dan Guru Inti
    1. Narasumber

      Narasumber pada kegiatan ini adalah pejabat Dinas Pendidikan kabupaten Parigi Moutong,

    2. Instruktur/Fasilitator dan Guru Inti

      Instruktur/Fasilitator kegiatan peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui program BERMUTU ini berasal dari Widyaiswara LPMP Provinsi Sulawesi tengah dan Dosen LPTK yang telah mengikuti TOT di tingkat Nasional. Sedangkan Guru inti yang digunakan adalah guru-guru yang telah mengikuti TOT di tingkat provinsi atau tingkat nasional

  1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

    Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru pada MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo diatur sebagai berikut :

    1. Kegiatan Pelatihan (In service)

    Kegiatan Pelatihan (In Service) ini terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan dengan alokasi waktu pelaksanaan 3 hari, termasuk acara pembukaan dan penutupan. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal s.d. tanggal …………………………. 2010 di SMP negeri 1 Kasimbar.

Jadual Kegiatan Pelatihan (Inservice)

Hari/

Tanggal

Waktu

M a t e r i

Narasumber/

Fasilitator

08.00 – 09.30

09.30 – 11.00

11.00 – 12.30

12.30 – 14.00

14.00 – 15.30

15.30 – 16.00

16.00 – 17.30

Pembukaan

Kebijakan Umum BERMUTU

Gambaran Umum BERMUTU

Ishoma

Gambaran Umum BERMUTU

Pengembangan Kurikulum (KTSP)

Reviu Silabus dan RPP

Panitia

Kadis Pendidikan

Widya Isawara LPMP Provinsi

Panitia

Widya Isawara LPMP Provinsi

Fasilitaor Kabupaten

Fasilitaor Kabupaten

08.00 – 10.00

10.00 – 10.15

10.15 – 12.30

12.30 – 14.00

14.00 – 15.30

15.30 – 17.30

Sistem Penilaian dan Evaluasi

Rehat Kopi

Pendalaman Materi dan Kajian Kritis Mata Pelajaran

Ishoma

Pendalaman Materi dan Kajian Kritis Mata Pelajaran

ICT Dalam Pembelajaran

Fasilitaor Kabupaten

Panitia

Fasilitaor Kabupaten

Panitia

Fasilitaor Kabupaten

Fasilitaor Kabupaten

08.00 – 10.00

10.00 – 10.15

10.15 – 12.30

14.00 – 15.30

15.30 – 16.15

16.15 – 17.30

ICT Dalam Pembelajaran

Rehat Kopi

Pengembangan Model Pembelajaran

Ishoma

Pengembangan Model Pembelajaran

Rencana Tindak Lanjut

Penutupan

Fasilitaor Kabupaten

Panitia

Widya Isawara LPMP Provinsi

Panitia

Widya Isawara LPMP Provinsi

Panitia

Panitia

  1. Pertemuan Rutin 16 kali/Tahun

jadual Kegiatan Pertemuan Rutin 16 kali/Tahun

Pertemuan

Hari/Tanggal

Topik

Kegiatan Pokok

1 Sabtu, September 2010 Pendahuluan (Pengenalan Program BERMUTU dan Pendekatannya) Pejelasan umum tentang Program Bermutu dan Pendekatan/Model Belajarnya (PTK untuk guru, Lesson Study (plan, open class dan observasi), dan Case Study)

Latihan Kajian Pebelajaran (identifikasi aspek kurikulum, materi ajar, strategi)

Penjelasan dan latihan menyusun case study

Menyusun refleksi diri tentang hasil pembelajaran hari itu (Kegiatan no 4 ini diulang untuk setiap tahapan/pertemuan MGMP)

2 Sabtu, Oktober 2010 Identifikasi Masalah Membahas hasil observasi dari lembar observasi/case study untuk mengidentifikasi dan analisis masalah untuk PTK, dilanjutkan penyusunan kalimat rumusan masalah (dari salah satu peserta terpilih sebagai contoh, pleno dan dipandu Guru Pemandu)

Latihan identifikasi dan analisis masalah berdasarkan hasil observasi pembelajaran (lembar observasi/case study).

Latihan perumusan kalimat masalah dari masing-masing guru.

3 Sabtu, Oktober 2010 Perencanaan Tindakan Diskusi hasil penyusunan kalimat rumusan masalah dari masing-masing guru (berkelompok/berpasangan)Latihan bersama menyusun rencana tindakan dan instrumennya dari salah satu masalah terpilih (untuk persiapan open class). Latihan menyusun rencana tindakan dan instrumennya berdasarkan masalah dari masing-masing guru.
4 Sabtu, Oktober 2010 Pelaksanaan Tindakan Persiapan open class di sekolah tempat kegiatan (penjelasan skenario dan penggunaan instrumen)

Melaksanakan tindakan (open class) oleh guru model, peserta yang lain mengobservasi

Diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi (pleno, dipimpin guru pemandu)

Diskusi tentang rencana tindakan dari masing-masing guru (kelompok/berpasangan)

5 Sabtu, Oktober 2010 Analisis dan Interpretasi Mendiskusikan hasil pelaksanaan tindakan (case study) dari kelas masing-masing (kelompok/berpasangan).

Latihan mengalisis dan interpretasi data dari hasil open class (pleno)

Setiap peserta berlatih melakukan analisis dan interpretasi data (berdasarkan data hasil pelaksanaan tindakan masing-masing)

6 Sabtu, November 2010 Refleksi dan Tindak Lanjut Diskusi tentang hasil analisis dan interpretasi data dari masing-masing guru (kelompok/ berpasangan).

Latihan merefleksi hasil pelaksanaan tindakan berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data dan menyusun rencana tindakan lanjut (pleno, dari data open class).

Setiap peserta berlatih melakukan refleksi dan penyusunan rencana tindak lanjut (berdasarkan data/hasil tindakan yang telah dilakukan oleh masing-masing peserta).

Penjelasan tentang format penyusunan proposal dan laporan PTK

7 & 8 Sabtu, November 2010 ICT-1 & 2 Keterampilan ICT dalam Pembelajaran Penjelasan tentang peran dan fungsi ICT dalam Pembelajaran

Latihan praktis keterampilan ICT dalam Pembelajaran

9 Sabtu, November 2010 Identifikasi Masalah Mengidentifikasi masalah dari contoh case study

Setiap peserta menyampaikan masalah-masalah dari hasil obsrvasi pembelajaran di sekolahnya (bahan lembar observasi dan case study)

Latihan menganalisis dan merumuskan masalah (penyebab dan alternatif solusi) dari salah satu peserta (sebagai contoh, sebagai bahan perencanaan open class)

Setiap peserta berlatih analisis masalah dan membuat rumusan masalah masing-masing.

10 Sabtu, Desember 2010 Perencanaan Tindakan Diskusi rumusan masalah dari masing-masing guru (kelompok/ berpasangan)

Latihan menyusun rencana tindakan dan instrumennya (pleno, satu masalah terpilih)

Setiap peserta berlatih menyusun rencana tindakan dan instrumen (berdasarkan rumusan masalah masing-masing)

11 Sabtu, Desember 2010 Penyusunan Proposal Diskusi tentang rencana tindakan dari masing-masing guru (kelompok/berpasangan)

Latihan menyusun proposal (pleno, dari satu masalah terpilih)

Setiap peserta berlatih menyusun proposal (berdasarkan rumusan masalah masing-masing)

Diskusi tentang draf proposal dari masing-masing guru (kelompok/berpasangan)

12 Sabtu, Desember 2010 Pelaksanaan Tindakan Persiapan open class di sekolah tempat kegiatan (penjelasan skenario dan penggunaan instrumen)

Melaksanakan tindakan (open class) oleh guru model, peserta yang lain mengobservasi

Diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi (pleno, dipimpin guru pemandu)

13 Sabtu, Desember 2010 Analisis dan Interpretasi Data Latihan mengalisis dan interpretasi data hasil observasi dan hasil tes (pleno, dari salah satu peserta)

Setiap peserta berlatih melakukan analisis dan interpretasi data (berdasarkan data masing-masing)

14 Sabtu, Januari 2011 Refleksi dan Perencanaan Siklus 2 Diskusi ttg hasil analisis dan interpretasi data dari masing-masing guru (kelompok/berpasangan)

Latihan merefleksi hasil pelaksanaan tindakan berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data dan menyusun rencana tindakan siklus 2 (pleno, dari salah satu hasil terpilih)

Setiap peserta berlatih melakukan refleksi dan penyusunan rencana tindakan untuk siklus 2 (berdasarkan data/hasil tindakan masing-masing peserta)

Diskusi tentang hasil rencana tindakan untuk siklus 2 dari masing-masing peserta

15 Sabtu, Januari 2011 Penyusunan Laporan Diskusi tentang hasil pelaksanaan tindakan siklus 2 yang sudah dianalisis, diinterpretasi dan direfleksikan dari masing-masing guru (kelompok/berpasangan)

Latihan menyusun laporan (pleno, dari satu hasil PTK terpilih)

Setiap peserta berlatih menyusun laporan PTK (berdasarkan hasil PTK dalam dua siklus dari masing-masing peserta

16 Sabtu, Januari 2011 Penyusunan Laporan Diskusi kelas (pleno) untuk membahas contoh hasil penulisan laporan draf-1 dari salah satu guru (kelompok/berpasangan)

Diskusi kelompok/berpasangan untuk membahas hasil penulisan laporan draf-1 dari masing-masing guru

Melanjutkan penyelesaian penulisan laporan PTK oleh masing-masing guru

  1. Kegiatan Study Visit ke sekolah lain dalam kabupaten
  2. Kegiatan Forum MGMP di Kabupaten
  3. Kegiatan On Service (evaluasi formatif)

  1. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan

    Untuk menjamin keterlaksanaan program secara berkualitas dan berkelanjutan maka dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program BERMUTU secara tapet waktu, tepat prosedur, tepat sasaran dan tepat hasil.

    Aspek dan tahapan monitoring dan evaluasi pada penyelenggaraan Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru melalui program BERMUTU meliputi :

    1. Perencanaan
    2. Pelaksanaan
    3. Permasalahan dan Permasalahannya
    4. Hasil yang dicapai
    5. Pelaporan kegiatan dan keuangan
    6. Dampak program

  1. Pelaporan

Pelaporan Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru melalui Program BERMUTU dibuat oleh pengurus MGMP pada tengah tahun dan akhir tahu pelajaran tentang pelaksanaan program dan kegiatan serta laporan penggunaan dana dan dikirimkan pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi tengah dan ditembuskan Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong.

  1. Rencana Anggaran
  • Pembiayaan

Seluruh pembiayaan yang berkaitan dengan Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru SMP/MTs Rayon Ampibabo melalui program “BERMUTU” Tahun 2010 dibebankan kepada Block Grant Pemberdayaan KKG/MGMP dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi tengah dan Dana Sharing dari Sekolah serta Pemerintah Daerah kabupaten Parigi Moutong tahun Anggaran 2010.

  1. Rincian Rencana Anggaran Block Grant BERMUTU
NO.

URAIAN KEGIATAN

VOLUME

BIAYA/

UNIT

JUMLAH BIAYA

1 Pelatihan (In Service)
a. Penggandaan Materi 20 Orang

50.000,-

1.000.000,-

b.Transport Fasilitator
– Fasilitator LPMP 1 Orang

650.000,-

650.000.-

– Fasilitator Kabupaten 2 Orang X 3 Hari

50.000,-

300.000,-

  1. Uang Saku Fasilitator
3 Orang

250.000,-

750.000,-

  1. ATK dan Bahan kegiatan
1 Kegiatan

500.000,-

500.000,-

  1. Akomodasi
1 Kegiatan

450.000,-

450.000,-

2 Pertemuan 16 Kali
a. Penggandaan Materi Penunjang 20 Orang

50.000,-

1.000.000,-

b.Transport Fasilitator
– Fasilitator LPMP 2 Orang x 2 Kali Pert.

650,000,-

2.600.000,-

– Fasilitator LPTK 1 Orang x 2 Kali Pert.

650.000,-

1.300.000,-

– Fasilitator Kabupaten 2 Orang x 16 hari

50.000,-

1.600.000,-

  1. Uang Saku Fasilitator
5 Orang

250.000,-

1.250.000,-

D. ATK dan Bahan kegiatan 1 Kegiatan

1.100.000,-

1.100.000,-

3 Pelaksanaan PTK 3 Kelompok

1.500.000,-

4.500.000,-

4 Transport Study Visit 20 Orang x 2 Hari

35.000,-

1.400.000,-

5 Transport On Service 2 Orang x 10 Sekolah

35.000,-

700.000,-

6 Biaya Dokumentasi dan Laporan 2 Kali

450.000,-

900.000,-

JUMLAH ANGGARAN

20.000.000.-

  1. Rincian Rencana Anggaran Berdasarkan Sumber Dana
NO.

URAIAN KEGIATAN

VOLUME

BIAYA/

UNIT

JUMLAH BIAYA

SUMBER DANA

1 Pelatihan (In Service)
a. Penggandaan Materi 20 Orang

50.000

1.000.000

Block Grant

b.Transport Fasilitator
– Fasilitator LPMP 1 Orang

650.000

650.000.-

Block Grant

– Fasilitator Kabupaten 2 Orang X 3 Hari

50.000

300.000

Block Grant

  1. Uang Saku Fasilitator
3 Orang

250000

750000

Block Grant

  1. ATK dan Bahan kegiatan
1 Kegiatan

500000

500000

Block Grant

  1. Transport Peserta
20 Orang x 3 hari

25000

1500000

Sekolah

  1. Konsumsi
20 Orang x 3 Hari

20000

1200000

Sekolah

2 Pertemuan 16 Kali
a. Penggandaan Materi Penunjang 20 Orang

50000

1000000

Block Grant

b.Transport Fasilitator
– Fasilitator LPMP 2 Orang x 2 Kali Pert.

650000

2600000

Block Grant

– Fasilitator LPTK 1 Orang x 2 Kali Pert.

50000

1300000

Block Grant

– Fasilitator Kabupaten 2 Orang x 16 hari

50000

1.600.000,-

Block Grant

C. Uang Saku Fasilitator 5 Orang

250.000

1250000

Block Grant

C. ATK dan Bahan kegiatan 1 Kegiatan

1150000

1150000

Block Grant

  1. Transport Peserta
20 Orang x 16 Kali

25000

8000000

Sekolah

  1. Konsumsi
20 Orang x 16 Kali

5000

1600000

Sekolah

3 Pelaksanaan PTK 3 Kelompok

1500000

4500000

Block Grant

4 Transport Study Visit 20 Orang x 2 Hari

35000

1400000

Block Grant

5 Transport On Service 2 Orang x 10 Sekolah

35000

700000

Block Grant

6 Biaya Dokumentasi dan Laporan 2 Kali

450.000,-

900.000,-

Block Grant

JUMLAH ANGGARAN

32.300.000,-

BAB IV

P E N U T U P

4.1. Kesimpulan.

Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah komponen guru dengan segala kinerjanya, khususnya yang berkaitan dengan proses dan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan diupayakan melalui peningkatan mutu guru.    Perilaku guru yang diharapkan adalah guru proactive dalam implementasi perkembangan teknologi dalam tataran teknik, metodologi, strategi, dan pendekatan dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan upaya revitalisasi kelompok kerja MGMP agar aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kerja tersebut dapat memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kompetensi guru.

4.2.    Saran.

Pada kenyataannya MGMP yang sudah ada pada wilayah kabupaten Parigi Moutong sebagian besar belum optimal digunakan sebagai wadah guru untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan tugas pokok guru karena pengelolaan dan pandanaanya yang belum memadai. Oleh karena itu     kami berharap kelompok MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo terpilih sebagai salah satu penerima Block Grant pemberdayaan MGMP program “BERMUTU” Tahun Anggaran 2010.

PEMERINTAH KABUPATEN PARIGI MOUTONG

DINAS PENDIDIKAN

MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN STUDY SAINS

SMP/MTs Rayon Ampibabo

Sekretariat Jl. Trans Sulawesi No 58 Kasimbar; http://adikasimbar.wordpress.com/

Surat Pengantar

No. 003/MGMP-IPA/SMP-SS/2010

Kepada

Yth.     Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong

di

Parigi

No.

Uraian

Banyaknya

Keterangan

1.


Pengiriman Proposal Kegiatan MGMP IPA SMP/MTs Kabupaten Parigi Moutong 1 berkas Disampaiakan dengan hormat dalam rangka Kegiatan MGMP SMP/MTs Program “BERMUTU” Tahun Anggaran 2010

Tembusan Yth.

  1. Kepala LPMP Sulawesi tengah

    Di Palu

  2. Kasubdin PMPTK Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong

    di Parigi

    1. Arsip

      Kasimbar, 25 Mei 2010

      Ketua MGMP IPA SMP/MTs

      Rayon Ampibabo

      Drs. Sukadi

      NIP.19691216 200012 1 004

HALAMAN PENGESAHAN

Judul Kegiatan    : Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru IPA

SMP/MTs Melalui Program “BERMUTU”


Nama MGMP    : MGMP Study Sains SMP/MTs Rayon Ampibabo

Ketua            : Drs. Sukadi.

Wakil Ketua            : Zainudin, S.Pd

Sekretaris            : Jamil, S.Pd.

Bendahara            :

Bidang Bina Program                : 1.

2.

Bidang Pengembangan                : 1.

2.

Bidang Pelaporan/Publikasi        : 1.

2.     

Alamat MGMP     : SMPN 1 Kasimbar Jl. Trans Sulawesi No. 58 Kasimbar; http://adikasimbar.wordpress.com/

Kasimbar, 25 Mei 2010

Mengetahui                            Ketua Kelompok Kerja

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Parigi Moutong        MGMP IPA Rayon Ampibabo,


Drs. Sukadi

NIP: NIP.19691216 200012 1 004


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan Rahmat dan karunia-NYA kami dapat menyusun Proposal Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong melalui Pemberdayaan MGMP Program “BERMUTU” Tahun 2010.

Proposal ini disusun oleh Pengurus MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo dan beberapa guru di wilayah Kec. Kasimbar – Kec. Siniu guna mendapatkan Dana bantuan Langsung (DBL) Block Grant pemberdayaan MGMP melalui Program “BERMUTU” yang disalurkan melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi tengah.

Kami menyadari bahwa proposal ini belum sempurna seperti apa yang diharapkan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak terkait demi perbaikan dan penyempurnaan proposal ini.

Akhirnya kami berharap kelompok MGMP IPA SMP/MTs Rayon Ampibabo terpilih sebagai salah satu penerima Block Grant pemberdayaan MGMP program “BERMUTU” Tahun 2010 dapat terwujud dan kami akan melaporkan pertangguang jawaban penggunaan dana tersebut sesuai dengan mekanisme yang akan disepakati . Akhir kata kami ucapkan terima kasih.

Kasimbar, 25 Mei 2010

Ketua MGMP IPA Rayon Ampibabo,


Drs. Sukadi

NIP: 19691216 200012 1 004



DAFTAR ISI

Surat Pengantar………………………..…………………………………..………    i

Halaman Pengesahan………………………………………………………….…..    ii

Kata Pengantar…………………………………………………………………..…    iii

Daftar Isi………………………………………………………………………………..    iv

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang…………………………….…………………………    1
  2. Tujuan…………………………………….…………………………    3
  3. Sasaran…………………………………..…………….……………    4
  4. Hasil yang di harapkan……………………..…………………….    5
  5. Manfaat………………………………………….………….………    5

BAB II DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM 1 TAHUN TERAKHIR

  1. Strategi dan Metode Pelaksanaan Program…….……………….    6
  2. Struktur materi Kegiatan 1 tahun Terakhir..……………………..    6
  3. Kualitas Program Yang Dicapai1 tahun terakhir.……………..        7
  4. Frekwensi kegiatan………….…………………………………..….    8
  5. Sumber dana.………………………………….……………….…    8
  6. Sistem Dokumentasi dan Pelaporan………………………………… 9

BAB III RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

  1. Strategi dan Metode Pelaksanaan Program…….……………….    10
  2. Struktur Materi Kegiatan……………………………………………….    10
  3. Narasumber, Instruktur/Fasilitator dan Guru Inti………….……    11
  4. Waktu dan tempat pelaksanaan……..…………………….…….    11
  5. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan..…….…………….……    16
    1. Sistem Dokumentasi dan Pelaporan………………………………..    17
    2. Rencana Anggaran………………………………………………………..    17

BAB IV PENUTUP

  1. Kesimpulan………………………………………………………………….    19
  2. Saran………………………………………………..……………………….    19

LAMPIRAN-LAMPIRAN

  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MGMP Study Sains
  2. Daftar hadir 5 Pertemuan 1 Tahun Terakhir


PROPOSAL

PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU MELALUI PROGRAM “BERMUTU”

MGMP STUDY SAINS SMP/MTs

RAYON AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

TAHUN 2010

Diajukan dalam rangka

Block Grant Pemberdayaan MGMP SMP/MTs Program “BERMUTU”

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi tengah

Tahun Anggaran 2010


K e t u a

Drs. Sukadi

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PARIGI MOUTONG

MGMP STUDY SAINS RAYON AMPIBABO

Sekretariat : Jln. Trans Sulawesi No. 58 Kasimbar; http://adikasimbar.wordpress.com/

Kompleks SMPN 1 Kasimbar

About these ads

4 responses to this post.

  1. Artikel ini sangat bermanfaat. Terimakasih.Salam hormat dari Bima NTB

    Balas

  2. Posted by Mona Made Amin on 20 Oktober 2011 at 4:59 am

    salut…. mohon dikirim ke email saya….

    Balas

  3. assalamu’alaikum wr. wb.
    artikel ini sangat berguna dan pasti bermanfaat. mudah2 selalu diupdate setiap saat. trims. salam hormat dari saya, AR. Chang, S.Pd.M.Pd, Buol City

    Balas

  4. Ass. Saya tertarik artikelnya ini….. bisa diundu……..,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: